PN Siak Sri Indrapura

Visi dan Misi Pengadilan Negeri Siak adalah sebagai berikut :

Visi Adalah mewujudkan supremasi hukum melalui kekuasaan kehakiman yang mendiri, efektif, efisien serta mendapatkan kepercayaan publik, profesional dalam memberikan pelayanan hukum yang berkualitas, etis, terjangkau dan berbiaya rendah bagi masyarakat.
Misi Untuk mewujudkan visi tersebut, maka Pengadilan Negeri Siak mempunyai misi sebagai berikut :
-  Pemberian rasa keadilan yang cepat dan jujur
-  Peradilan yang mandiri dan independen dari campur tangan pihak  lain
-  Memperbaiki akses pelayanan hukum dan peradilan
-  Melaksanakan tugas kekuasaan kehakiman dengan bermartabat, integritas, bisa dipercaya dan transparan

 

SEJARAH PENGADILAN NEGERI SIAK SRI INDRAPURA

Secara geografis Kabupaten Siak terletak pada koordinat 10 16’ 30” — 00 20’ 49” Lintang Selatan dan 1000 54’ 21” 102° 10’ 59” Bujur Timur.

Secara fisik geografls memiliki kawasan pesisir pantai yang berhampiran dengan sejumlah negara tetangga dan masuk kedalam daerah segitiga pettumbuhan (growth triangle) Indonesia – Malaysia – Singapura. dengan batas sebagai berikut :

Sebelah Utara : Kabupaten Bengkalis
Sebelah Selatan : Kabupaten Kampar dan Kota Pekanbaru
Sebelah Barat : Kabupaten Bengkalis
Sebelah Timur : Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Pelalawan

Peta Wilayah Propinsi RIAU :

Peta Yurisdiksi PN Siak :

 

 

Bentang alam Kabupaten Siak yang mempunyai luas 8.556,09 km2 sebagian besar terdiri dari dataran rendah di bagian Timur dan sebagian dataran tinggi di sebelah barat. Pada umumnya struktur tanah terdiri dan tanah podsolik merah kuning dan batuan, dan alluvial serta tanah organosol dan gley humus dalam bentuk rawa-rawa atau tanah basah. Lahan semacam ini subur untuk pengembangan pertanian, perkebunan dan perikanan. Daerah mi beriklim tropis dengan suhu udara antara 25° — 32° Celsius, dengan kelembaban dan curah hujan cukup tinggi.

Selain dikenal dengan Sungai Siak yang membelah wilayah Kabupaten Siak, daerah ini juga terdapat banyak tasik atau danau yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan.

Sungai Siak sendiri terkenal sebagai sungai terdalam di tanah air, sehingga memiliki nilai ekonomis yang tinggi, terutama sebagai sarana transportasi dan perhubungan.

Namun potensi banjir diperkirakan juga terdapat pada daerah sepanjang Sungai Siak, karena morfologinya relatif rendah.
Selain Sungai Siak, daerah ml juga dialiri sungai-sungai lain, yaitu: Sungai Mandau, Sungai Gasib, Sungai Apit, Sungai Tengah, Sungai Rawa, Sungai Buantan, Sungai Limau, dan Sungai Bayam. Sedangkan danau-danau yang tersebar di daerah ini adalah: Danau Ketialau, Danau Air Hitam, Danau Besi, Danau Tembatu Sonsang, Danau Pulau Besar, Danau Zamrud, Danau Pulau Bawah, Danau Pulau Atas, dan Tasik Rawa.

Berdasarkan perhitungan sikius hidrologi, 15% surplus air dan curah hujan rata-rata bulanan menjadi aliran permukaan, maka memungkinkan terjadinya banjir musiman pada bulan-bulan basah. Dan analisis data curah hujan diketahui bahwa bulan basah berlangsung pada bulan Oktober hingga Desember, sedangkan bulan kering pada bulan Juni hingga Agustus. Distribusi curah hujan semakin meninggi ke arah Pegunungan Bukit Barisan di baçjian barat wilayah Propinsi Riau.

Gedung Kantor Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura terletak di pusat Kota Siak tepatnya di Komplek Perkantoran Tanjung Agung atau tepat komplek Gedung Kantor Bupati Siak, Gedung Kantor Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura saat ini masih berstatus pinjam pakai dari Pemda Kabupaten Siak sehingga bentuk bangunan belum mengacu pada standar prototype dari Mahkamah Agung RI.

Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura diresmikan oleh Ketua Mahkamah Agung Republik Indonesia PROF. DR. H. BAGIR MANAN, SH. MCL pada tanggal 23 Pebruari 2006 dan termasuk dalam wilayah hukum Pengadilan Tinggi Pekanbaru di Pekanbaru. Wilayah hukum Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura yang pada prinsipnya juga merupakan wilayah administrasi Kabupaten Siak mempunyai Luas 8.556,09 KM2 yang terletak pada posisi I 16’30 LU – 0 20’49’’ LU dan 100 54’21 BT – 102 10’59 BT.

Saat ini Kabupaten Siak yang merupakan wilayah hukum Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura terdiri dari 14 Kecamatan, yaitu:
1. Kecamatan Siak
2. Kecamatan Bunga Raya
3. Kecamatan Sei Apit
4. Kecamatan Dayun
5. Kecamatan Koto Gasib
6. Kecamatan Lubuk Dalam
7. Kecamatan Sabak Auh
8. Kecamatan Kerinci Kanan
9. Kecamatan Tualang
10. Kecamatan Minas
11. Kecamatan Kandis
12. Kecamatan Sei Mandau
13. Kecamatan Sei Mempura
14. Kecamatan Pusako

Batas wilayah hukum Pengadilan Negeri Siak Sri Indrapura :
– Sebelah Utara berbatas dengan wilayah hukum Pengadilan Negeri Bengkalis.
– Sebelah Selatan berbatas dengan wilayah hukum Pengadilan Negeri Kampar dan Pengadilan Negeri Pelalawan
– Sebelah Timur berbatas dengan wilayah hukum Pengadilan Negeri Bengkalis dan Pengadilan Negeri Pelalawan
– Sebelah Barat berbatas dengan wilayah hukum Pengadilan Negeri Bengkalis dan Pengadilan Negeri Pekanbaru